Cari Blog Ini

Minggu, 16 Oktober 2011

Ringkasan RIWAYAT ALAMIAH PENYAKIT

Ringkasan
RIWAYAT ALAMIAH PENYAKIT

                Tujuan epidemiologi ada 4 yaitu mengetahui status kesehatan masyarakat, menjelaskan etiologi penyakit, prediksi kasus dan distribusi dan mencegah kasus baru dan memberantas kasus lama.
Pelaksanaan studi epidemiologi di lakukan pada level pemahaman dan level interaksi. Level pemahaman dimulai dari pengamatan sampai dengan penarikan kesimpulan, yang nantinya digunakan untuk generalisasi riwayat alamiah penyakit. yang kedua pada level intervensi yang mempelajari tentang penggunaan hasil di masyarakat. riwayat alamiah penyakit dapat dibedakan menjadi 3 proses yaitu, induksi, promosi an ekspresi atau durasi.
Sehat merupakan keadaan ideal fisik, psikis dan sosial  tiak hanya bebas cacat. Karena sulitnya mengukur kondisi sehat akibat keberadaannya pada tataran ieal pengukuran kesehatan digunakan aspek sakit. Yang di bedakan menjadi 3 yatu
1.       Disease dari aspek fisik biologik yang ditentukan oleh profesional seperti dokter.
2.       Illness yang ditinjau dari diensi persepsi  diasarkan pada perepsi penderita terhadap penyakit
3.       Sickness berdasarkan aspek sosial yang ditentukan oleh pandangan orang lain terhadap terhaap penderita.
Gambaran perjalan penyakit dapat dilihat dari 2 metode yaitu melalui grafik dua dimensi yang menjelaskan tingkat keganasan penyakit melalui imensi intensitas dan kronisitas.  Masa laten ihitung dari saat agen masuk sampai timbul gejala dan durasi dihitung dari muncul gejala sampai akhir penyakit. riwayat alamiah penyakit merupakan perjalanan penyakit secara alami tanpa adanya intervensi seperti pengobatan atas penyakit tersebut. Metoe yang kedua yaitu metode status kesehatan yang sinambung, yang menjelaskan perjalanan penyakit mulai dari sehat, subklinis, klinis dan cacat atau mati. Akhir pada penyakit menular atau setelah periode klinik adalah sehat, cacat dan mati, sedangkan penyakit tidak menular berakhir cacat atau mati. Karena karakteristik penyakit tidak menular adalah kemungkinan menyebabkan cacat yang permanen.
Upaya Pencegahan penyakit ada 3 yaitu
1.       Pencegahan primer yang dilakukan dengan promosi kesehatan pada kelompok sehat, eliminasi faktor resiko lingkungan dan perlindungan khusus untuk kelompok rentan.
2.       Pencegahan sekunder yang dilakukan pada periode subklinis yang berupa diagnosa dini penyakit, skrining dan pendidikan gejala penyakit.
3.       Pencegahan tertier yang dilakukan pada penderita yang tidak mungkin lepas dari penyakit yang bertujuan untuk mengurangi kecacatan, memperpanjang hidup dan mengurangi tingkat keparahan.
Spektrum pelayanan kesehatan
1.       Promosi kesehatan dilakukan pada orang yang masih sehat untuk menjaga agar tetap sehat.
2.       Pemeliharaan kesehatan dilakuakan dengan tujuan mencegah penyakit.
3.       Restorasi kesehatan yang dilakukan dengan mengubah orang yang sakit pada keadaan seperti semula seperti saat sebelum sakit.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar