Cari Blog Ini

Rabu, 05 Januari 2011

metil bromida


      Metil bromida adalah fumigan yang sangat beracun, tidak berwarna dan tidak berbau serta tidak terbakar pada suhu normal. Peraturan di beberapa negara mensyaratkan agar metil bromida yang digunakan dalam perlakuan fumigasi harus mengandung zat indikator, misalnya kloropikrin sebanyak 2%. Metil bromida mengandung kloropikrin bersifat fototoksik terhadap tanaman hidup, bunga potong, buah segar dan sayuran serta biji-bijian. Di beberapa negara, residu kloropikrin pada bahan makanan tidak diperkenankan.
      Metil bromida merupakan salah satu bahan pestisida terbatas yang dapat merusak ozon dan biasa digunakan untuk melakukan fumigasi keperluan Karantina & Pra Pengapalan / Quarantine & Pre Shipment  (QPS). Peraturan tentan metal bromide tercantum pada Peraturan Menteri Perdagangan No. 51/M-DAG/12/2007 tentang : Ketentuan Impor Metil Bromida untuk Karantina & Pra Pengapalan dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 37/Permentan /OT.140/7/2009 tentang : Penggunaan Pestisida Berbahaya berbahan aktif Metil Bromida untuk Tindakan Karantina Tumbuhan dan Pra Pengapalan.
Kemasan metil bromida berupa tabung silinder, warna tabung biru tua, Biru muda dan Hijau, ukuran tabung MB lebih besar dari tabung LPG, terdapat label pada kemasan dan diperuntukan QPS. Isi Kemasan (MB) berbentuk cair di dalam tabung akan berbentuk gas setelah bercampur udara bebas, Tidak berbau dan  mengandung 2 % Cloroficrin sebagai warning agent, Cloroficrin menyebabkan mata perih.
      Perlaukan dengan metil bromida secara berulang-ulang dapat meninggalkan residu bromida yang melebihi batas yang diperbolehkan pada bahan makanan. Residu bromida yang tinggi pada bahan makanan dapat berakobat buruk pada kesehatan konsumen. Sesuai dengan ketentuan Codex Alimentarius, batas residu untuk inorganic bromide yang diperbolehkan pada bahan makanan berkisar antara 0,01-20 mg/kg, tergantung pada jenis bahan makanan tersebut.
 


Gambar 3.1. Bentuk tabung metil bromida



 







Gambar 3. 2. Label kemasan metil bromida

 Tabel 3.1. Nama dagang metil bromida di pasaran
No.
Nama dagang
Pemegang Pendaftaran
1
ANTABROM 98 LG
PT. ANTARNIAGA NUSANTARA
2
BIOMETH 98 LG
PT. BIOTEK SARANA INDUSTRI
3
DUPIBROM 98 LG
PT. DUA PILAR
4
MEBROM 98 LG
PT. GRASSE ARUM
5
METABROM 98 LG
PT. ASOMINDO RAYA
6
METHYBROM 98 LG
PT. SARANA UTAMA JAYA
7
METIL-GAS 98 LG
PT. NIDA AGRO MANDIRI
8
PUSKOBROM 98 LG
PT. PUSKOPAL JAKARTA
9
SINOBROM 98 LG
PT. KIRANA EKANUSA CHEMINDO











Adapun penggunaan metal bromida sebagai fumigan karena MB relatif lebih murah, exposure time yang lebih cepat, relatif tidak meninggalkan residu, kecuali pada bahan yang mengandung lemak dan protein tinggi dan tidak menyebabkan korosi pada bahan yang mengandung besi, perak, emas dan tembaga. Penggunaan metil bromida beresiko karena termasuk bahan karsinogenik dan perusak ozon. 


Daftar pustaka
Anonim. Manual Fumigasi Fosfin. Departemen Pertanian. Badan Karantina Pertanian Pusat Karantina Tumbuhan. 2007.
Singh, V.S., and S.K. Bhatia. Inheritance of Resistance to Rice Weevil. Proc. 15th Int. Wheat Genet Symp. 2 : 1105−1113, 1979
Santos, J.D., P.E.O. Guimaraes, J.M. Waquil, and J.E. Foster. Resistance to maize weevill in quality protein maize lines and commercial corn Hybrids. 1992.
Soekarna, D. Serangga-serangga gudang dan pengendaliannya. Makalah Coaching Pengendalian Hama Gudang. Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan. Bogor. 1982, hlm. 1−5.
Ortega, A. S.K. Vasal, J. Milton, and C. Hershey. Breeding for insect resistance in maize. In: F.G. Maxwell and P.R. Jennings (Eds.). Breeding Plants Resistant to Insects. A volume in Environmental Science and Technology: A Wiley-Interscience Publication. Canada. 1980, hlm  392−396 dan 402.

1 komentar:

  1. teman2 kalo ada komentar bisa langsung ya, dapus benar kok, dijamin atau bisa hubungi author

    BalasHapus